Semarang 14 Oktober 2023 – Penelitian kolaboratif bertajuk “Comparison of Teacher Education Curriculum in Indonesia and Malaysia” berhasil diselesaikan oleh tim dari UIN Walisongo Semarang dan Universiti Teknologi Malaysia (UTM). Studi ini membandingkan kurikulum pendidikan guru agama Islam di kedua negara, menyoroti perbedaan dalam struktur kurikulum, pendekatan pendidikan, dan integrasi teknologi digital.
Penelitian menemukan bahwa Malaysia lebih unggul dalam penyusunan kurikulum berbasis digital dengan alokasi 20% mata kuliah untuk pengembangan keterampilan teknologi. Sementara itu, Indonesia lebih fokus pada penguatan aspek kognitif dengan pengaruh yang lebih signifikan terhadap kemampuan akademik calon guru. Namun, Malaysia menunjukkan keunggulan dalam membangun komitmen etis dan keterampilan mengajar.
Studi ini diharapkan menjadi referensi penting bagi pengembangan kebijakan pendidikan di Indonesia dan Malaysia, sekaligus memperkuat kolaborasi antar kedua negara dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Adapun laporan tersebut dapat diakses pada tautan berikut :