Selasa, 17 Desember 2024 – Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) IAIN Sultan Amai Gorontalo menyelenggarakan kegiatan محاضر زائر (Kuliah Tamu) bertema “Konsep dan Aplikasi Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Bahasa Arab di Madrasah”. Kegiatan ini ditujukan khusus bagi mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab sebagai upaya untuk memperluas wawasan tentang penerapan kurikulum merdeka dalam pembelajaran Bahasa Arab.
Acara ini dilaksanakan pada:
- Hari/Tanggal: Selasa, 17 Desember 2024
- Waktu: 19.30 WITA hingga selesai
- Platform: Online melalui Google Meet
Kuliah ini menghadirkan Dr. Naifah, M.S.I, dosen Program Magister Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Walisongo Semarang, sebagai narasumber utama. Beliau memberikan pemaparan mendalam tentang implementasi Kurikulum Merdeka serta strategi pengajaran Bahasa Arab yang sesuai dengan kebutuhan pendidikan di madrasah.
Acara ini dibuka oleh Dr. Hj. Ratni BT.HJ Bahri, M.Pd.I, selaku Ketua Jurusan Pendidikan Bahasa Arab IAIN Sultan Amai Gorontalo. Beliau menyampaikan harapan agar kegiatan ini dapat memberikan pemahaman yang lebih komprehensif kepada mahasiswa terkait tantangan dan peluang dalam penerapan Kurikulum Merdeka.
Melalui kegiatan ini, mahasiswa diharapkan mampu:
- Memahami konsep dasar Kurikulum Merdeka dalam pengajaran Bahasa Arab.
- Mengetahui aplikasi dan implementasinya di madrasah.
- Membangun kesiapan sebagai calon pendidik yang inovatif dan berkualitas.
Kegiatan ini terbuka untuk semua mahasiswa Pendidikan Bahasa Arab dan merupakan bagian dari upaya peningkatan kompetensi akademik di lingkungan IAIN Sultan Amai Gorontalo.
Dalam kegiatan tersebut Narasumber menyampaikan penjelasan tentang konsep dasar Kurikulum Merdeka dalam pengajaran Bahasa Arab. Narasumber juga menyampaikan bahwa Kementerian Agama Republik Indonesia (Kemenag) telah menerbitkan Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024 tentang Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka pada Madrasah. KMA 450 Tahun 2024: Pedoman Implementasi Kurikulum Merdeka – Menurut surat edaran nomor B-547.1/DJ.I/Dt.I.I/PP.00/06/2024 Tentang Pengantar Keputusan Menteri Agama (KMA) Nomor 450 Tahun 2024 yang berisi “Pedoman Implementasi Kurikulum Pada Raudhatul Athfal, Madrasah Ibtidaiyah, Madrasah Tsanawiyah, Madrasah Aliyah dan Madrasah Aliyah Kejuruan”. KMA ini menjadi landasan bagi madrasah dalam melaksanakan Kurikulum Merdeka yang mulai diberlakukan pada Tahun Ajaran 2024-2025.
Dalam pertemuan ini juga dibahas SK-Dirjen-Pendis-3302-Th-2024 tentang Capaian Pembelajaran (CP) PAI dan Bahasa Arab, karena memiliki poin-poin urgensi berikut ini:
- Pedoman Pembelajaran: Menjadi acuan dalam memahami target kompetensi dan materi pembelajaran Bahasa Arab.
- Persiapan Sebagai Pendidik: Membantu calon guru merancang metode pengajaran yang efektif dan sesuai standar nasional.
- Penguatan Kompetensi Profesional: Mengetahui capaian pembelajaran memudahkan mahasiswa dalam membangun keterampilan pedagogis dan keilmuan Bahasa Arab.
- Relevansi dengan Kebutuhan Zaman: SK ini mempersiapkan mahasiswa untuk menjawab tantangan pendidikan modern dalam pengajaran Bahasa Arab.
Dalam pertemuan via zoom meet tersebut, sejumlah mahasiswa turut berpartisipasi dalam diskusi yaitu Amalia Salsabila Mardjo (Sulawesi Selatan), Nur Ayun Moilo (Gorontalo), Reva Momonto (Gorontalo), Muthiah (Toli-toli), Hadi Bambela (Mahasiswa S2 PBA). Diskusi berlangsung dengan dinamis hingga ditutup dengan agenda untuk melanjutkan pembahasan ini dalam pertemuan berikutnya.