1. Keilmuan Prodi Magister Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

“Pengembangan Pembelajaran Bahasa Arab Berbasis Riset dan Literasi Digital Berparadigma Kesatuan Ilmu Pengetahuan (Unity of Sciences) untuk Kemanusiaan dan Peradaban Global.”

2. Program studi s2 Pendidikan Bahasa Arab (PBA)

“Menghasilkan lulusan yang mahir dalam bidang PBA berbasis kesatuan ilmu pengetahuan (Unity of Sciences)”

 

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran bidang PBA berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional dan berakhlak mulia
  2. Meningkatkan kualitas riset bidang bidang PBA berbasis kesatuan ilmu pengetahuan untuk kepentingan Islam, Ilmu, dan Masyarakat.
  3. Meningkatkan kualitas pengabdian kepada masyarakat bidang PBA berbasis kesatuan ilmu pengetahuan.
  4. Mengeksplorasi dan mengontekstualisasi nilai-nilai kearifan lokal berbasis kesatuan ilmu pengetahuan bidang PBA.
  5. Mengembangkan kerja sama bidang PBA dengan berbagai lembaga regional, nasional, dan internasional.
  6. Mewujudkan tata kelola kelembagaan Prodi Magister PBA yang profesional dan berstandar internasional.

 

  1. Menghasilkan lulusan bidang  pengembangan PBA yang berwawasan kesatuan ilmu, profesional, dan berakhlak mulia.
  2. Menghasilkan riset berkualitas berbasis  kesatuan ilmu bidang  PBA.
  3. Menghasilkan karya pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas bidang PBA berbasis kesatuan ilmu pengetahuan.
  4. Terwujudnya nilai-nilai kearifan lokal yang kontekstual berbasis kesatuan ilmu pengetahuan bidang PBA.
  5. Terwujudnya kerjasama yang produktif dengan Lembaga lokal, nasional, dan internasional dalam bidang pengembangan        PBA.
  6. Terwujudnya tata kelola Program Magister PBA yang profesional dan berstandar internasional.

 

1. Bidang Pendidikan
        1. Pengembangan sistem penjaminan mutu akademik
        2. Pengembangan perkuliahan berbasis penelitian
        3. Pengembangan pembelajaran berbasis TPACK
        4. Pengembangan pembelajaran yang menghasilkan riset
        5. Pengembangan perkuliahan berbasis pengabdian kepada masyarakat
2. Bidang Penelitian
        1. Program pendayagunaan hasil penelitian dan
        2. Program peningkatan kinerja lembaga dan sumber daya penelitian dalam rangka pengembangan ilmu dan
        3. Program pengembangan dan pendayagunaan produk penelitian untuk pengabdian kepada masyarakat.
3. Bidang Pengabdian
        1. Program pengembangan pengabdian kepada masyarakat dan berbagai bentuk pelayanan
        2. Program peningkatan kinerja lembaga dan sumber daya pengabdian kepada masyarakat dalam rangka layanan kepada
4. Bidang Peningkatan Layanan Kemahasiswaan
        1. Pengembangan kemahasiswaan berorientasi pada ketakwaan, kemandirian, kedaulatan bangsa dan pengawalan peradaban.
        2. Pengembangan kebebasan mimbar akademik, merdeka belajar, dan kemampuan C4 (Critical thinking, Creative and Inovative, Collaboration and Communication)
        3. Pengembangan mahasiswa dalam penelitian melalui metode
5. Bidang Tata Kelola
        1. Pengembangan tata Kelola berbasis
        2. Pengembangan manajemen kelembagaan berbasis trust dan literasi
        3. Penguatan kapasitas sumber daya Program Magister
        4. Pembentukan keserasian yang kokoh antara komponen visi dan tridarma Program Magister
6. Bidang Pengembangan dan Kerjasama
        1. Peningkatan kerja sama pembiayaan dengan PT luar negeri di bidang
        2. Peningkatan kerja sama pembiayaan dengan PT luar negeri di bidang pengabdian kepada masyarakat.
        3. Penyelenggaraan joint-research, joint-journal dan joint-book dengan PT luar
        4. Penyelenggaraan program short course bagi dosen dan
        5. Penyelenggaraan workshop dan seminar internasional baik secara luring maupun

 

    1. Peningkatan mutu pendidikan dan pengajaran bidang ilmu tarbiyah dan keguruan berbasis kesatuan ilmu pengetahuan.
    2. Peningkatan kualitas penelitian bidang ilmu tarbiyah dan keguruan untuk kepentingan Islam, Ilmu dan Masyarakat.
    3. Peningkatan kualitas pengabdian bidang ilmu tarbiyah dan keguruan untuk pengembangan masyarakat berbasis riset.
    4. Pengembangan dan penerapan nilai-nilai kearifan lokal bidang ilmu tarbiyah dan keguruan.
    5. Perluasan kerja sama bidang ilmu tarbiyah dan keguruan dalam skala regional, nasional, dan Internasional.
    6. Peningkatan mutu tata kelola Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan yang profesional dan berstandar internasional.