Rumusan Profil Lulusan

Matriks Profil Lulusan Dan Kompetensi

Kode Profil Lulusan

(PL)

Kompetensi yang Harus Dikuasai
PL 01 Guru Bahasa Arab 1.      Memiliki integritas memiliki integritas intelektual, etika, dan keprofesian sebagai pendidik serta peneliti, dengan komitmen terhadap pengembangan diri dan profesi secara berkelanjutan.

2.      Mampu menyikapi perkembangan pendidikan bahasa Arab secara kritis, global, dan lintas budaya, serta menyesuaikan pembelajaran dengan konteks lokal, nasional, dan internasional.

3.      Menguasai teori kebijakan bahasa, linguistik, pemerolehan bahasa kedua, dan pedagogi; serta berkompeten dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi kurikulum, silabus, bahan ajar, desain instruksional, dan asesmen bahasa Arab.

4.      Berkompeten dalam memanfaatkan teknologi digital untuk perancangan, penerapan, dan evaluasi pembelajaran bahasa Arab; serta mampu melakukan riset praktis dan penelitian terapan untuk inovasi pendidikan.

5.      Membangun kolaborasi dalam pengajaran, penelitian, dan pengembangan komunitas belajar profesional (professional learning communities) untuk meningkatkan mutu pendidikan bahasa Arab.

 

PL 02 Dosen bidang Pendidikan Bahasa Arab 1.      Memiliki integritas intelektual dan etika profesional sebagai pendidik dan peneliti di bidang pendidikan bahasa Arab. Lulusan menunjukkan jiwa kepemimpinan dalam pengembangan bidang keilmuannya serta komitmen terhadap pengembangan profesi secara berkelanjutan sebagai tenaga ahli madya.

2.      Menguasai teori dan konsep linguistik, pemerolehan bahasa kedua, kajian lintas budaya, pendidikan, serta kebijakan bahasa sebagai dasar dalam merancang dan mengembangkan kurikulum, silabus, bahan ajar, pedagogi, dan asesmen pembelajaran bahasa Arab.

3.      Berkompeten dalam merancang, menerapkan, dan mengevaluasi kurikulum, silabus, bahan ajar, strategi pembelajaran, dan asesmen bahasa Arab secara kreatif, sistematis, dan sesuai kebutuhan pembelajar.

4.      Memiliki kecakapan dalam mengevaluasi, memilih, dan menerapkan teknologi pembelajaran termasuk platform digital dan inovasi berbasis AI untuk mendukung desain instruksional, pengembangan bahan ajar, dan asesmen bahasa Arab.

5.      Menguasai desain riset praktis dan penelitian terapan untuk inovasi pendidikan bahasa Arab serta mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi proyek penelitian secara komprehensif. Lulusan juga memiliki kecakapan menulis manuskrip ilmiah untuk publikasi di jurnal bereputasi (nasional, Scopus, dan SSCI), serta membangun kolaborasi keilmuan dan program professional learning communities di lingkungan dosen bahasa Arab.Memiliki integritas intelektual dan keprofesian sebagai pendidik ahli dan peneliti di bidang pendidikan bahasa Arab.

PL 03 Peneliti Pendidikan Bahasa Arab Tingkat Madya 1.      Menguasai Mampu menunjukkan integritas akademik, etika penelitian, dan tanggung jawab profesional dalam setiap tahapan riset, serta memiliki jiwa kepemimpinan dalam menginisiasi,               mengarahkan,               dan mengembangkan  penelitian  kualitatif  yang

berkontribusi pada inovasi pendidikan bahasa Arab secara berkelanjutan.

 

    2.      Menguasai paradigma, ontologi, epistemologi, aksiologi, metodologi, serta standar riset kualitatif. Lulusan memahami dan mampu menerapkan beragam desain penelitian seperti studi kasus instrumental, inkuiri naratif, kajian wacana kritis, penelitian tindakan, dan penelitian desain untuk pengembangan pendidikan bahasa Arab.

3.      Mampu merumuskan proyek penelitian secara sistematis, mulai dari identifikasi isu, perumusan masalah, tujuan, pertanyaan penelitian, penentuan gap riset, hingga perumusan kontribusi ilmiah. Lulusan berkompeten merancang instrumen/protokol pengambilan data seperti wawancara, FGD, observasi, dan analisis dokumen.

4.      Memilik kecakapan menganalisis data kualitatif melalui analisis konten, analisis fenomenologi interpretatif, dan analisis wacana kritis berbasis linguistik fungsional sistemik. Lulusan juga berliterasi teknologi untuk mendukung proses desain, pelaksanaan, dan evaluasi riset kualitatif secara profesional.

5.      Berkompeten merancang, menerapkan, dan mengevaluasi proyek penelitian terapan yang menghasilkan inovasi dalam pendidikan bahasa Arab. Lulusan mampu mendiseminasikan temuan penelitian melalui publikasi artikel ilmiah pada jurnal nasional bereputasi dan jurnal internasional terindeks Scopus maupun SSCI, serta mampu menginisiasi dan mengembangkan kolaborasi lintas institusi dalam penelitian PBA.

PL-04 Penulis Buku Teks Bahasa Arab 1.      Memiliki integritas intelektual dan keprofesian sebagai penulis buku teks bahasa Arab, serta menunjukkan kepekaan dan kesadaran kritis terhadap kebutuhan pembelajar pada level lokal, regional, nasional, dan internasional, didukung oleh kemampuan melakukan analisis kebutuhan secara sistematis.

2.      Menguasai teori linguistik, pemerolehan bahasa kedua, kajian lintas budaya, dan dasar-dasar pendidikan sebagai landasan untuk mengevaluasi, merancang, dan menyusun buku

teks bahasa Arab yang ilmiah, relevan, dan kontekstual.

 

    3.      Berkompeten mengintegrasikan teknologi dan inovasi digital dalam perancangan, penyusunan, dan penerapan buku teks bahasa Arab, guna menghasilkan materi ajar yang lebih interaktif, efektif, dan sesuai perkembangan zaman.

4.      Mampu memanfaatkan hasil penelitian terapan untuk memperkaya isi, struktur, dan pendekatan buku teks bahasa Arab, sehingga produk yang dihasilkan berbasis bukti ilmiah (evidence- based) dan berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran.

5.      Memiliki kecakapan dalam menjalin kolaborasi profesional dengan sesama pengembang bahan ajar dan mampu melakukan negosiasi dengan penerbit di tingkat nasional maupun internasional, serta aktif mengembangkan diri

sebagai penulis melalui kegiatan profesional berkelanjutan.

PL 05 Pelatih Ahli bahasa Arab 1.      Memiliki integritas intelektual dan keprofesian dalam praktik pelatihan bahasa Arab di sektor informal. Lulusan mampu memahami perkembangan pelatihan bahasa Arab secara global, kritis, dan lintas budaya, serta responsif terhadap kebutuhan pelatihan di tingkat regional, nasional, dan internasional.

2.      Menguasai teori linguistik, pemerolehan bahasa kedua, kajian lintas budaya, pendidikan, dan kebijakan bahasa sebagai dasar dalam mengembangkan kurikulum, silabus, bahan ajar, desain instruksional, dan asesmen pelatihan bahasa Arab yang relevan dan efektif.

3.      Berkompeten            dalam            merancang menerapkan, dan mengevaluasi kurikulum silabus, materi ajar, strategi pelatihan, dan asesmen pelatihan bahasa Arab secara komprehensif, sistematis, dan berbasis kebutuhan peserta pelatihan.

4.      Memiliki literasi teknologi untuk merancang melaksanakan,            dan           mengevaluasi penggunaan teknologi dalam materi ajar, metode pelatihan, dan asesmen di sektor pelatihan bahasa Arab non-formal, serta mampu memanfaatkan inovasi digital untuk

meningkatkan kualitas pelatihan.

 

    5. Menguasai desain riset praktis dan penelitian terapan untuk inovasi pelatihan bahasa Arab, serta mampu merancang, melaksanakan, dan mengevaluasi proyek riset untuk peningkatan kualitas pelatihan. Lulusan memiliki kemampuan membangun kolaborasi keprofesian           dan           mengembangkan professional learning communities di kalangan praktisi bahasa Arab, serta berkomitmen pada pengembangan profesi berkelanjutan sebagai tenaga ahli madya.
PL 06 Perancang Kurikulum, Bahan Ajar, dan Asesmen Bahasa Arab 1.      Memiliki integritas intelektual dan keprofesian sebagai perancang kurikulum, bahan ajar, dan asesmen bahasa Arab. Lulusan mampu melakukan analisis kebutuhan pemelajar dan konteks institusional secara kritis pada level lokal, regional, nasional, dan internasional sebagai dasar pengembangan sistem pembelajaran bahasa Arab.

2.      Menguasai teori linguistik, pemerolehan bahasa kedua, kajian lintas budaya, dan teori pendidikan sebagai dasar merancang mengevaluasi, dan mengembangkan kurikulum, bahan ajar, dan asesmen yang ilmiah, relevan, dan kontekstual.

3.      Berkompeten            dalam            merancang menerapkan, dan mengevaluasi kurikulum silabus, bahan ajar, desain instruksional, serta

asesmen  bahasa  Arab  secara  kreatif,

 

    sistematis, dan berbasis bukti untuk memenuhi kebutuhan pembelajar dari berbagai konteks.

4.      Mengintegrasikan teknologi pembelajaran dan inovasi digital dalam perancangan kurikulum, bahan ajar, dan asesmen untuk meningkatkan efektivitas dan akuntabilitas proses pembelajaran bahasa Arab.

5.      Mampu memanfaatkan hasil penelitian terapan dalam merancang kurikulum, bahan ajar, dan asesmen bahasa Arab. Lulusan memiliki kemampuan berkolaborasi dengan lembaga pendidikan maupun mitra profesional, melakukan negosiasi dalam pengembangan program, serta terus mengembangkan diri sebagai ahli kurikulum melalui kegiatan profesional berkelanjutan.