(Malang: CV. Literasi Nusantara Abadi, 2023)
Pandemi Covid 19 mengakibatkan perubahan besar dalam dunia pendidikan, tak terkecuali dalam pembelajaran bahasa arab di Madrasah Aliyah. Buku ini berisi deskripsi implementasi kurikulum pembelajaran bahasa Arab Madrasah Aliyah di Indonesia pada masa pandemi Covid 19, mengungkap harapan dan strategi guru bahasa Arab MA untuk memperbaiki implementasi kurikulum, serta menguraikan implikasi implementasi kurikulum BA MA terhadap kurikulum prodi PBA di Perguruan Tinggi. Buku ini menggambarkan data arsip mata kuliah Tela’ah Kurikulum Bahasa Arab MA berupa hasil wawancara dengan 86 guru guru mapel bahasa Arab pada 86 Madrasah Aliyah yang tersebar pada 14 provinsi di Indonesia. Telah terjadi transformasi dalam pembelajaran bahasa Arab di Madrasah Aliyah di Indonesia dari pendekatan personal-kultural menjadi pendekatan instrumental- fungsional akibat situasi pandemi COVID-19. Transformasi tersebut berimplikasi pada perubahan pembelajaran di Perguruan Tinggi dari manual menjadi instrumental. Pergeseran pola ini juga mengubah pola kecenderungan dari ketergantungan pada dosen menjadi ketergantungan pada teknologi. Buku ini juga membahas Sistem Pendidikan Pasca-Covid-19 dan Kurikulum Merdeka. Fenomena tersebut digambarkan secara ilmiah sehingga dapat menjadi pijakan bagi para akademisi, khususnya para pemerhati dan pengembang kurikulum pembelajaran.