ISBN: 978-623-96405-0-7 (Semarang: Southeast Asean Publishing, 2021)

Evaluasi merupakan landasan utama dalam setiap penilaian dan pengambilan kebijakan kependidikan, sebagaimana pendapat Guba dan Lincoln yang mendefinisikannya sebagai “a process for describing an evaluand and judging its merits and worth” (suatu proses untuk menggambarkan evaluan dan menimbang makna serta nilainya). Proses ini niscaya untuk dilakukan, baik dalam pengembangan kurikulum, pemberian remidiasi, pemberdayaan kinerja tenaga pengajar dalam menggunakan metodologi, menentukan kelulusan siswa, menentukan kenaikan biaya pendidikan, maupun dalam menentukan penambahan dan peningkatan fasilitas pembelajaran, seperti: perpustakaan, laboratorium, multimedia, dan sebagainya.

Sebuah lembaga pendidikan perlu melakukan evaluasi secara simultan terhadap berbagai aspek pembelajaran, mulai dari kurikulum, proses pembelajaran, kemampuan atau pemerolehan siswa, kinerja tenaga pengajar, manajemen sekolah, lingkungan pembelajaran, juga partisipasi masyarakat dan stakeholder terhadap pensuksesan pembelajaran, agar dapat menyesuaikan diri dengan tuntutan era revolusi industri 4.0.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *